Friday, May 9, 2014

Tips dan Trik Lolos Tahapan Ujian CPNS 2014

CPNS 2014
(Foto by: Sidomi )

Selamat datang kembali , mengawali postingan dibulan mei saya Pirates Hunter  : vanucup akan berbagi tips dan trik melewati tahapan ujian cpns 2014 yang dikabarkan akan mulai dibuka pada bulan juli, oh ya untuk tahun 2014 penerimaanya tidak serentak seperti tahun kemarin . Penasaran ? oke langsung saja mari disimak :

Pertama-tama pastikan berat badan anda ideal . Rumus untuk menghitunya :

[(TB-100)x90%] = BB Ideal anda

Contoh tinggi badan admin sekarang 164 jadi berat badan idealnya 57,6 Kg, plus minus beberapa Kg sepertinya masih ditoleransi . Kalau sudah merasa ideal masuk :

TAHAP I
Pada tahap pertama akan dilakukan verifikasi serta pengecekan berkas dan kelengkapan sesuai dengan syarat yang telah ditentukan. Pastikan tidak ada syarat dan kelengkapan yang tertinggal karena jika ada ,anda tidak akan mendapat nomor peserta.

TAHAP 2
Tes Kompetensi Dasar (TKD) akan dilakukan pada tahap ini ,terdiri dari 150 -200 soal (maaf saya lupa pasnya) dan beberapa bagian. Bagian 1 : tentang kepribadian anda , Bagian 2 : Hitung & Logika , Bagian 3: wawasan kebangsan .
-          - Berdoa sebelum mengerjakan soal
-          - Pastikan isian nama dan nomor peserta terisi dengan benar
-          - Perbanyak latihan soal , untuk bukunya bisa cari ditoko buku terdekat di daerah agan . Mau latihan soal online juga bisa ,beberapa situs menyediakan bimbangan cpns secara online. Tetapi kalau ane mending beli buku saja karena kita punya arsip pengerjaan soal yang bisa dibuka sewaktu-waktu.
-          - Pastikan lembar jawab terisi semua karena sistem penilianya bukan seperti SBMPTN ( Benar +3  Kosong 0 Salah -1)
-          -Datang lebih awal sebelum ujian dimulai

Dibeberapa instansi pusat tes ini sudah dilakukan dengan sistem CAT ( Computer Assisted Test )jadi kita bisa langsung mengetahui hasilnya ,tapi kalau daerah masih menggunakan lembar jawab.  Untuk melewati tahap ini tidak terlalu sulit, tetapi untuk AMAN-nya pastikan nilai agan tinggi ( nilai maksimal sekitar 470an )  . Lolos masuk tahap 3 .

TAHAP 3
Tahap ini terdiri dari :
        Tes Wawancara
-          - Berpakaian rapi sopan ( Jangan terlalu mencolok)
-          - Jawab pertanyaan dengan singkat ,padat ,dan jelas .
-          - Rambut rapi untuk laki ( Disarankan)
-          - Pelajari tentang instansi yang agan lamar
        Tes Kesehatan
   Pastikan kondisi tubuh anda dalam kondisi on fire , untuk lainya asal anda “Normal” mudah kok melewati tes ini .
        Tes Kompetensi bidang (TKB)
Tes ini menguji kemampuan peserta sesua profesi yang akan dilamar .

Sekian apabila ada salah kata saya mohon maaf dan jika ada kelebihan mohon dikembalikan. Terima kasih kepada setiap pengunjung yang masih setia membaca blog ini karena hal itu adalah semangat saya untuk membuat pos . Ada pertanyaan ? silahkan tulis dikolom komentar .
 YOU’LL NEVER WALK ALONE gan ! Salam #3 Besar .

“ Setiap orang pasti memiliki apa yang bisa dan tidak bisa dia lakukan. “

-- Sanji One Piece

7 comments:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Permisi...sy mau numpang posting sekedar ucapan terimakasih kpd Mbah Asrobin yg telah membantu sy dengan Bantuan Angka TOGEL ghoib..berkat bantuannya sy sudah melunasi utang2 sy dan skrg sy sudah punya usaha sendiri..
      untuk anda yg punya masalah dengan keuangan sy sarankan anda utk berkonsultasi pada Mbah Asrobin di Hp,0823 3336 0655

      Delete
    2. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

      Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb...

      Delete
  2. sangat bermanfaat informasi ini gan. semoga bisa lolos saat ujian cpns nanti.

    ReplyDelete
  3. KISAH NYATA PNS

    Bpk Drs Warli, M.Si No Hp
    085-313-330-576

    4 Kali Gagal di Seleksi CPNS Membuatku Semakin Termotivasi dan Akhirnya Berhasil
    Sampai sekarang PNS adalah profesi yang sangat diidam-idamkan oleh kebanyakan orang di Indonesia. Terbukti, setiap kali pemerintah membuka pendaftaran CPNS, peserta yang mendaftar selalu membludag.
    Menjadi PNS memang nikmat sekali rasanya. Wajar jika ribuan orang rela berdesak-desakan demi mendapatkan kursi PNS.
    Saya Akan Berbagi Cerita Nyata Dengan Kalian Semua.
    Mohon maaf mengganggu waktu dan rutinitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui KOMENTAR ini dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2015 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di SD Negeri 6 Bogor, Sudah 12 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, namun hasilnya nol bahkan saya sempat putus asah, namun teman saya memberikan no tlp Bpk Drs Warli, M.Si beliau selaku (Kepala Biro Kepegawaia dan Kerjasama antar Lembaga)di BKN PUSAT. saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau yang sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa,Hubungi Bpk Drs Warli, M.Si no HP Beliau: 085-313-330-576 siapa tahu beliau masih bisa membantu anda untuk mewujudkan impian anda menjadi PNS.
    Sedikit Tambahan Bahwa tanggal 02 Desember 2015 kemarin saya melakukan komunikasi pembicaraan kepada beliau untuk bisa meluluskan adik saya sebagai CPNS ke PNS.
    Memang Pemerintahan Sudah mengeluarkan kebijakan mengejutkan, yakni melakukan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Selama 5 Tahun & Masalah Ini Sudah Saya Sampaikan Kepada Bpk Drs Warli, M.Si Beliau Hanya menyampaikan kepada saya selama kita masih berusaha maka di situ pasti ada jalan.,wassalam

    ReplyDelete
  4. CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb...

    ReplyDelete