Wednesday, January 29, 2014

Pendaftaran TNI AU 2014

TNI Angkatan Udara

Halooo gan, piye kabare ? masih suka membaca artikel diblog ini kan, untuk mengakhiri postingan dibulan januari 2014 saya ingin berbagi tulisan tentang FAQ ( Frequently Ask Questions) atau indonesiane pertanyaan yang sering ditanyakan seputar Pendaftaran TNI AU Tahun 2014 yang saya rangkum dari website resminya TNI AU jadi gak perlu dipertanyakan lagi ya, apakah sudah di uji IPB & ITB haha bercanda, mari di simak :

P : Pertanyaan
J : Jawaban 


1.  Pendaftaran Bintara PK TNI AU 2014

P : Saya mau tanya pendaftaran WARA tahun 2014 diselenggarakan kapan dan dimana?

J :  Untuk mengetahui informasi tentang pendaftaran penerimaan Bintara PK TNI Angkatan Udara, anda dapat update informasi melalui  website  TNI AU . Jadwal pengumuman dan pendaftaran pada tanggal 1 sampai dengan 28 Februari 2014. Tempat daftar ulang bagi yang sudah mendaftarkan secara online di Pangkalan TNI Angkatan Udara yang sudah ditunjuk sebagai Panitia Daerah Penyediaan di daerah masing-masing. Demikian informasi dari kami, terima kasih.

2. Sistem Penerimaan Bintara PK

P:  Saya mau bertanya, apabila ikut tes bintara. Kita harus mengikuti seluruh tahapan di pemeriksaan tingkat daerah baru diberitahu lulus atau tidak. Atau pada setiap rangkaian dipemeriksaan tingkat daerah pakai sistem gugur. Terima kasih

JSeleksi tingkat daerah rekrutmen Bintara Prajurit Karier dilaksanakan sistem gugur, demikian informasinya dan terima kasih.

3. Penerimaan Karbol AAU 2014

P : Kapan Penerimaan karbool AAU tahun 2014 dibuka ?

J Sesuai dengan program penyediaan prajurit TA 2014, pendaftaran penerimaan Taruna Akademi Angkatan Udara diperkirakan pada bulan April dan seleksi direncanakan pada bulan Mei 2014. Anda dapat update informasi melalui website TNI AU  .

4. Penerimaan Perwira Karir TNI AU 2014

PSaya mau bertanya, apakah ditahun 2014 ini membuka penerimaan perwira karir.  ?

JPendaftaran Penerimaan Perwira Pajurit Karier TNI TA 2014 diperkirakan pada bulan September 2014 dan seleksi direncanakan pada bulan Oktober 2014, anda dapat update informasi melalui website kami, TNI AU .

5. Tentang Legalisir Rapot & Ijazah

PApakah soal rapot, transkrip nilai, skhu, ijazah dari sd - sma, apakah semua nya di legalisasi ?

J : Mengenai kelengkapan persyaratan administrasi dokumen ijazah asli dengan foto copy yang dilegalisasi pada Pendaftaran Penyediaan Bintara PK TNI Angkatan Udara TA 2014, yaitu meliputi ijazah SD, SMP, SMA dan SKHUN, kecuali buku rapor asli SMA (tidak dilegalisasi) .

6. Jika agan berktp x tapi sedang tinggal di kota y

Psaya mau tanya, buat pendaftaran Tni AU 2014, seumpama kalo saya tiggal di Tuban (KTP saya Tuban) terus saya sekolah di Jombang, saya harus daftar di lanud mana, Juanda atau lanud Iswahyudi ?

JSesuai dengan pendaftaran penerimaan Taruna Akademi Angkatan Udara Tahun 2013, pendaftaran dengan menggunakan sistem online di sini, kemudian calon datang sendiri melaksanakan daftar ulang sesuai rayon (daerah/tempat kelulusan pendidikan sekolah terakhir), jika anda sekolah di Jombang melaksanakan daftar ulang ke panitia daerah di Pangkalan TNI Angkatan Udara Iswahyudi Madiun, Jawa Timur

7. Tidak Memiliki SKHUN SD ? ( Saya sendiri juga mengalami untuk lulusan 2006 memang tidak ada SKHUN-nya)

P : Bagaimana dengan skhun yg tidak ada? karena setiap angkatan berbeda-beda , kebetulan angkatan tahun 1995 tidak ada skhun SD(Sekolah Dasar)  

JMengenai kelengkapan persyaratan SKHUN pada pendaftaran Bintara PK TA 2014, bagi yang tidak memiliki SKHUN SD maka tidak masalah bila tidak dilengkapi atau dengan melampirkan Surat Keterangan dari pihak sekolah.

8. Apakah Piagam / Sertifikat dapat berpengaruh ?

P : Apakah sertifikat atau piagam kejuaran baik Formal atau Non formal membantu penilaian pada saat pendafaran?

JSertifikat atau piagam kejuaraan formal dapat dilampirkan dalam dokumen kelengkapan persyaratan dan kriteria penerimaan Bintara PK tidak ditentukan dari sertifikat atau piagam kejuaraan dimaksud, melainkan dari berbagai kategori penilaian oleh pihak Panitia Seleksi.

9.  Umur  saat pendaftaran

P :  Saya ingin menanyakan, saat ini umur saya 21thn, masuk di bulan April umur saya genap 22thn. Apakah saya bisa mendaftar Bintara PK tahun ini.?

J Sesuai dengan persyaratan umum Penyediaan Bintara Pk Pria TNI Angkatan Udara Tahun 2014 dimaksud, maka bagi anda berumur 22 tahun lebih 2 hari tidak dapat mengikuti pendaftaran penyediaan Bintara PK TA 2014, anda dapat bertanya dengan staf Diajurit Disminpersau melalui nomor telepon 021-8709390.

10. Untuk yang Masik kelas 3 SMA

P : Saya masih bingung saya masih kelas 3 SMA apakah saya bisa daftar Bintara T.A 2014 ?

J :  Bagi anda siswa SMA kelas 3 tidak dapat mengikuti pendaftaran penerimaan Bintara PK TNI Angkatan Udara TA 2014 karena waktu buka pendidikan direncanakan pada bulan Mei 2014 sedangkan ijazah belum diterima oleh yang bersangkutan sebagai kelengkapan persyaratan administrasi. Anda dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti pendaftaran rekrutmen Bintara dimaksud pada tahuan yang akan datang. 

11.  Pendaftaran Tamtama PK TNI AU 2014

P : Kapan pendaftaran tamtama TNI AU tahun 2014 ?

J : Pendaftaran calon tamtama PK TNI AU tahun 2014, direncanakan bulan april 2014.


Itulah 11 pertanyaan yang sering muncul pada pendaftaran prajurit TNI AU tahun 2014 , apabila masih ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Thanks


--- Yusuf [ Z ] 2014 



54 comments:

  1. Maaf pak, saya mau tanya bagaimana klo anak smk 4 thn mau daftar ini bisa atau tidak? Nilai UN sudah keluar tetapi ijazahnya belum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum bisa mendaftar, karena ijazah merupakan salah satu kelengkapan administrasi.

      Delete
    2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      Delete
  2. Slamat sore,
    mau bertanya di tahun 2014, penerimaan pa pk TNI AU tahun 2014 diambil berapa sesuai kebutuhan tahun 2014 ? Makasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sore juga , jumlah pastinya belum tahu tetapi diambil sesuai dengan yang dibutuhkan .

      Delete
    2. kira-kira dari S1 keperawatan dibutuhkan apa tidak mas ?

      Delete
    3. Lulusan perguruan tinggi dapat mengikuti pendaftaran calon Perwira PK TNI dan kebutuhan akan lulusan jurusan/program studi, disesuaikan dengan penyusunan rencana penyediaan prajurit masing-masing Angkatan. Anda dapat bertanya kepada staf Paban I Ren Spers TNI melalui nomor telepon 021-8456714 atau 021-84595271.

      Delete
  3. assalamualaikum,,,,
    maaf saya ingin bertanya apakah lulusan smk teknik komputer jaringan bisa mendaptar..?? kebetulan saya liat disitusnya hanya boleh sma jurusan ipa ya,,,??

    ReplyDelete
    Replies
    1. wslam wr wb ..
      Tamtama : bisa
      Bintara : bisa
      KARBOL : tidak bisa karena harus dari jurusan SMA IPA

      terimaksh .

      Delete
  4. saya sekarang berdomisili di bandung dan juga sekolah dibandung, apakah bisa bila saya daftar ke lanud iswahjudi ? atau harus di lanud husein ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa asal anda ber KTP daerah yang memang harus mendaftar di lanud iswahjudi..

      Delete
  5. Untuk Karbol AAU Tahun 2014 sudah dibuka' ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu dipos saya ada .. dari tanggal 1 Maret - 30 April 2014

      Delete
    2. sama2 juragan , ini yang webnya nendang blog ku dari page one google ya haha...

      Delete
  6. niIai rata-rata yang dimaksud itu nilai yg mana ya ?rapot kelas 3 atau gimana? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata2 dari gabungan nilai sekolah + ujian nasional . lihat skhun.

      Delete
  7. Usia maksimal 22 tahun itu artinya maksimal harus benar2 pas 22 tahun (tidak boleh lebih walaupun beberapa hari / bulan) atau bagaimana? Saya baca di kolom komentar pendaftaran brigadir polri dengan aturan usia maksimal 22 tahun juga kok pendaftar berusia 22 tahun lebih beberapa bulan masih bisa mendaftar? Atau perhitungannya memang berbeda dengan TNI? Mohon kejelasannya. Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut aturan ya 22 tahun ( tidak lebih tapi boleh kurang ).. Mungkin kebijakan tentang usia pendaftar disesuaikan dengan jumlah pendaftar , 22 tahun lebih mungkin masih ditoleransi.

      Delete
    2. oke terima kasih infonya .. :)

      Delete
  8. Kalau belum lulus/ masih duduk di kelas tiga, nilai rata-rata yang dimasukkan nilai rata-rata apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini gan saya kutipkan jawaban dari web tni untuk pertanyaan seperti diatas

      " Mengenai pendaftaran calon Taruna AAU TA 2014, anda tetap dapat mendaftar menggunakan sistem online sesuai form isian tahun lulus dan nilai rata-rata yang tersedia di website http://rekrutmen-tni.ilmci.com/, kemudian calon datang sendiri melaksanakan daftar ulang sesuai rayon (daerah/tempat kelulusan pendidikan sekolah terakhir), dengan membawa dokumen asli dan menyerahkan berkas foto kopi masing-masing dua lembar untuk keperluan validasi pendaftaran. Bagi yang masih sekolah duduk di kelas 3 SMA dan belum lulus sekolah agar melampirkan surat keterangan dari kepala sekolah yang menerangkan bahwa pelamar masih duduk di kelas 3 SMA. Anda dapat update informasi melalui website TNI Angkatan Udara, http://tni.au.mil.id pada content rekrutmen atau melalui website http://rekrutmen-tni.ilmci.com/. Anda dapat mengikuti kegiatan pendaftaran calon Taruna AAU dimaksud sesuai arahan dari panitia dan anda dapat bertanya dengan staf Diajurit Disminpersau melalui nomor telepon 021-8709390, demikian informasi dari kami, terima kasih."

      Delete
  9. apakah syarat masuk papk 2014 untuk akreditasi kampus harus A dan B saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. akreditasi jurusan maksudnya ? kalau dilihat dari tahun sebelumnya.. ya memang harus dari jurusan /program studi berakreditasi A/B . untuk akreditasi B ditambah 0.20 pada syarat IPK minimalnya kecuali dari perguruan tinggi binaan kemenhan/tni seperti UPN, STT Adisucipto dll ..

      Delete
  10. selamat malam pak apakah lulusan d3 keperawatan bis aikut serta dalam penerimaan taruna bintara al atau tidak? usia saya 22 tahun jalan 23 nanti tanggl 17 juli . trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat pagi, sudah tidak bisa mas karena usia maksimal pada saat buka pendidikan bintara al (28 Juli) 22 tahun ..

      Delete
  11. ASS. mas saya mw tanya..
    apa-apa aj prsyaratan msuk angkatan tni udara 2014...
    dan saya ad d bngkulu gmna cra mendaftar nya?
    wass. by : gio

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tinggi saya cma skitar 162 per krang dikt dari 163...
      it bsa gk mas..
      krna saya prlu untk bkerja dan mmbela indonesia...

      Delete
    2. Baca dipostingan saya sebelumnya untuk AAU , Bintara , Tamtama dan PSDP ada semua . Terima ksh

      Delete
    3. untuk tni au tinggi minimal harus 165cm , kalau mau coba al / brigpol karena tinggi minimal 163..

      Delete
  12. selamat siang, saya mau tanya, saya lulusan D3 komputerisasi akuntansi, apakah saya juga bisa mendaftar pada penerimaan PK TNI AU tahun ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang, tunggu bulan oktober mbak .. karena Kebutuhan akan lulusan jurusan/program studi, disesuaikan dengan penyusunan rencana penyediaan prajurit masing-masing Angkatan. Anda dapat bertanya kepada staf Paban I Ren Spers TNI melalui nomor telepon 021-8456714 atau 021-84595271.

      Delete
  13. selamat pagi, untuk pendaftaran perwira, usia maks berapa yah ? karna untuk bintara sendiri maksimal 23 tahun,, salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi , Taruna AAU : 22thn , PSDP : 22thn, PAPK(Lulusan perguruan tinggi) Dokter : 27thn Lainya 25Thn ... oh ya untuk bintara maksimal 22th bukan 23. Salam.

      Delete
  14. kapan pendaftaran bintara gelombang 2? Atau ada pendaftaran tni au kapan tahun ini? Secepatnyta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya cuma 1 gelombang mbah , untuk pendaftaran AU : PAPK dan Perwira PSDP skitar bln oktober .. lainya ya tunggu tahun depan source :web tni

      Delete
  15. pendaftaran pns TNI AU kpn ya??ada yg tau info nya ga??tahun ini ada kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. update nya lewat web kementrian pertahanan ..kemungkinan tahun ini buka lagi ( juni/juli)

      Delete
  16. Selamat pagi .mau bertanya pak..Kalau dari d3 kebidanan bisa g ya pak? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sesuaikan dengan kebutuhan tiap tahunnya mbak.. Kebutuhan akan lulusan jurusan/program studi, disesuaikan dengan penyusunan rencana penyediaan prajurit masing-masing Angkatan. Anda dapat bertanya kepada staf Paban I Ren Spers TNI melalui nomor telepon 021-8456714 atau 021-84595271.

      Delete
  17. selamat siang pak . kapan pendaptaran tamtama pk tni au gel 2..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar bulan september , pasti akan saya update diblog ini .. source : web tni

      Delete
  18. kalo saya dr jurusan IPS,lainya udah memenuh syarat.gmn mas apa bs dr jurusan IPS dan pembukaanya yg bintara AU taun ini msh ada apa gak...

    ReplyDelete
  19. tidak bisa gan harus dari jurusan SMA/MA IPA / SMK Teknologi tertentu.. bintara AU tahun ini cuma 1 gelombang.

    ReplyDelete
  20. Permisi saya ingin bertanya apakah dengan nilai 5,8. Lulus SMA tahun 2014 bisa masuk di TNI AU

    ReplyDelete
  21. saya lulusan SMK geologi pertambangan mau daftar PSDP.... saya nekat daftar walau hanya slta aja yg bisa, bagaimana saran anda.... kalu di suruh pulang ya pulang

    ReplyDelete
  22. Selamat malam pak, saya ingin bertanya tentang info pendaftaran Perwira Karier TNI AU 2014 di bulan september-oktober 2014 benar atu tidak pak? Dan Kapasitas Penerimaan PK TNI AU 2014 sampai berapa personil pak? Maaf pak saya lulusan D3 Teknik Telekomunikasi apa bisa masuk PK TNI AU? Terima kasih.

    ReplyDelete
  23. slamat sore pa, saya ingin bertanya,ijazah dan skhun SD saya berbeda nama.. apakah itu bisa diterima untuk masuk di akmil?

    ReplyDelete
  24. selamat malam pak. saya SI jurusan FKIP, apa bisa masuk PK TNI/AU pak?

    ReplyDelete
  25. selamat malam pak. saya SI jurusan FKIP, apa bisa masuk PK TNI/AU pak?

    ReplyDelete
  26. wanita kalo jurusan ips bukannya bisa ya? kan itu semua jurusan :)

    ReplyDelete
  27. Pagi kak, mohon jawabannya
    Siswa SMA dari jurusan ips bisa mendaftar di tni au tidak? Di bidang apa?

    ReplyDelete
  28. selamat malam pak
    apakah lulusan d3 kebidanan bisa mendaftara di tni au? terimakasih

    ReplyDelete